Jumat, 22 Juni 2012

Lombok Wisata

1. PANTAI SENGGIGI,
Adalah pantai yang terdapat di wilayah Lombok Barat bagian utara, yang terkenal dengan keindahan alam nya. Di kawasan Senggigi banyak terdapat hotel berbintang,sampai dengan yang melati, lokal restaurant, cafe,bar dan sebagai nya. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Lombok, menginap di hotel

2. GILI TRAWANGAN, AIR, MENO
Gili Artinya Pulau kecil.Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam. kedai "Tîr na Nôg" mengklaim bahwa Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang ada bar Irlandia-nya. Bagian paling padat penduduk adalah sebelah timur pulau ini.

Trawangan punya nuansa "pesta" lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acara nya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.

Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.

3. KUTA LOMBOK
Adalah pantai yang terdapat di daerah Lombok tengah bagian selatan. Selain terkenal dengan keindahan alam nya, pantai ini juga terkenal dengan pasir nya yang berbentuk bulat seperti biji merica.

Pantai Kuta disebut juga pantai Mandalika. Pantai ini menghadap ke laut lepas,laut Hindia.
Banyak para wisatawan di Lombok yang akan melakukan kegiatan SURFING di kawasan Gerupuk, tinggal di daerah ini, karena hanya berjarak kira-kira 8 km.

Sebagian dari masyarakat indonesia, bahkan manca negara hanya mengetahui pantai Kuta yang terletak di pulau Bali. Setiap kali masyarakat mendengar kata " Pantai Kuta ", kebanyakan dari mereka pikiran nya akan langsung tertuju pada Pantai kuta yang berada di Bali. Tidak banyak yang tahu bahwa pulau Lombok juga memiliki pantai dengan nama yang sama, yaitu Pantai Kuta, yang keindahan panorama nya melebihi keindahan pantai Kuta yang ada di Bali..

Pantai Kuta Lombok masih sangat alami, dan jumlah wisatawan tidak seramai pantai Kuta Bali. Pantai ini memiliki pasir yang putih dengan air pantai nya yang ber warna biru dengan gradasi warna hijau yang di hasilkan oleh habitat bawah laut nya yang masih terjaga ke lestarian nya. Putih nya pasir dan biru nya air pantai ini, juga di padu dengan nuansa alam dengan barisan perbukitan yang indah serta bebatuan dengan ukiran nya yang luar biasa menakjubkan, menambah keindahan pantai ini.

Selain keindahan alam nya, Pantai Kuta Lombok juga terkenal dengan Legenda Putri Mandalika nya. Adalah Putri dari raja uberu, yang terkenal dengan kecantikan nya, sehingga banyak pangeran yang jatuh hati kepada nya. Sebagai seorang putri yang baik hati, putri Mandalika tidak ingin salah seorang dari pangeran merasa terhina karena cinta nya di tolak oleh sang putri. Maka akhir nya sang putri memutus kan untuk ber semedi. dan keesokan hari nya, sang putri sudah mendapat kan cara agar para pangeran tidak merasa terhina. Sang putri lalu mengajak para pangeran untuk menuju ke laut lalu menyaksikan sang putri membuang diri nya ke laut dan berjanji akan kembali sekali dalam setahun melalui re inkarnasi sebagai cacing laut ( orang Lombok menyebut Nyale ).

4. GILI NANGGU
Adalah pulau kecil di daerah Sekotong Lombok barat.
Menemukan tempat yang indah dan tenang untuk berlibur, kadang kala menjadi hal yang sulit. Tempat dimana kita bisa menikmati keindahan alam sambil ber rekreasi untuk menghilangkan kepenatan dari kesibukan rutin sehari-hari.

Bagi anda yang senang ber wisata bahari, menyelam, ber jemur di pantai, atau relax di tempat yang ber nuansa alami, Gili Nanggu adalah tempat yang cocok untuk di kunjungi. Pulau seluas 12,5 hektar ini di kelola dengan konsep forest / virgin island, sehingga masih memiliki alam yang asri dan alami.

Ketenangan dan ke asrian nya menjadikan gili Nanggu sebagai tempat kunjungan rutin banyak tamu manca negara, sehingga gili Nanggu di juluki The Paradise Island.
Di pantai berpasir putih dan ber ombak tenang ini, anda dapat ber istirahat tanpa khawatir terganggu oleh hiruk-pikuk pedagang pantai, sebab Gili Nanggu adalah pulau pribadi yang dihuni oleh pengelola dan staff.

Pesona alam bawah laut memiliki daya tarik tersendiri dan merupakan salah satu alasan utama banyak wisatawan yang datang setiap hari untuk bermain di pantai. Hanya turun beberapa meter ke laut, maka ikan-ikan jinak yang ber warna-warni akan datang mendekat, sehingga bagi para calon wisatawan di sarankan membawa roti untuk memberi makan ikan disana sambil ber main.

Selain itu, di Gili Nanggu juga terdapat terumbu karang dan binatang-binatang laut lain nya yang sangat indah.
Kicau merdu burung masih jelas ter dengar disana.

5. BENANG STOKEL
Benang Stokel berada di daerah Lombok tengah. daerah ini masuk dalam kawasan hutan lindung, karna tepat posisi nya di bawah kaki gunung Rinjani. Sehingga apa bila anda akan mendaki gunung Rinjani, anda bisa lewat jalut ini yang akan memakan waktu sekitar 10 jam sampai di danau Segara Anak.

Di dekat air terjun benang Stokel juga terdapat air terjun Benang Kelambu, air terjun ini kembar dan pancuran air nya berbentuk kelambu. pemandangan disini sangat indah dan hawa sejuk nya pancuran air disini sangat terasa.

Air terjun benang Kelambu memiliki ketinggian sekitar 35 meter dengan 2 tingkatan. Pada tingkat pertama, cucuran air yang ber asal dari danau Segara Anak ini mengalir melalui celah-celah be batuan dan tanaman-tanaman rambat yang tumbuh di sekitar tebing, lalu jatuh di tiga lempengan batu cadas di tingkat kedua. konon karena cucuran air yang melewati celah-celah bebatuan dan tanaman bentuk nya menyerupai tirai atau kelambu. Maka air terjun itu, oleh masyarakat sekitar, kemudian di beri nama air terjun Benang Kelambu.

6. SENDANG GILA
Air terjun Sendang Gila adalah air terjun terbesar di Lombok, terletak di ketinggian 600 meter diatas permukaan laut, dan memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter. Air terjun ini memiliki 2 tingkatan, dimana tingkat pertama muncul dari atas tebing dan jatuh ke dasar kolam di bawah nya. Selanjut nya dari kolam ini, air meluncur kebawah membentuk tingkatan ke dua dan jatuh membentuk sungai yang ada di bawah nya.

Dasar air sungai ini relatif datar, sehingga banyak orang yang mandi di bawah air terjun. Lokasi wisata ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.
Konon nama Sendang Gila diambil dari cerita penduduk setempat yang secara tidak sengaja menemukan air terjun ini di kala memburu singa gila yang mengacau di sebuah kampung dan kemudian lari masuk hutan.

Hal menarik lain nya yang membuat air terjun ini berbeda, adalah para penduduk setempat mempercayai bahwa air terjun ini memiliki unsur magis yang bisa membuat seseorang menjadi lebih muda satu tahun dari usianya apabila membasuh muka atau mandi dengan air terjun tersebut.

Tak jauh dari air terjun Sendang Gila, di lokasi ini juga akan di temukan dua air terjun lain, yaitu air terjun Tiu Kelep dan air terjun Batara Lejang. Posisi kedua nya berada diatas air terjun ini ke arah hulu.

7. SEMBALUN
Sembalun terkenal dengan bawang putih nya, masyarakat di daerah ini mayoritas sebagai petani.
Daerah ini juga terkenal dengan keindahan alam nya yang dingin, karna daerah ini berada kira-kira 700 meter dari permukaan laut.
Sembalun juga berada dibawah kaki gunung Rinjani, sehingga Sembalun juga merupakan base camp untuk pendakian gunung Rinjani.

8. TAMAN NARMADA
Taman Narmada adalah taman peninggalan raja Anak Agung Ngurah Kr. Asem dari Bali. Taman ini di buat tahun 1727. Walaupun sudah beberapa kali dilakukan renovasi, tapi keaslian dari taman ini tetap terjaga dengan baik.

Taman ini merupakan replika gunung Rinjani, di tengah taman, terdapat suatu bangunan kecil yang di dalam nya terdapat sumber air yang berasal dari gunung Rinjani. Menurut keyakinan masyarakat setempat, kalau kita meminum dan membasuh muka dengan air ini, maka kita akan menjadi awet muda.

9. PURA LINGSAR
Pura Lingsar adalah pura tertua yang ada di Lombok, di dirikan pada tahun 1714 oleh raja Anak Agung Ngurah Kr.Asem dari Bali.
Di dalam komplek pura ini, terdapat tempat per sembahyang an aliran Islam wetu telu yang disebut Kemali. Di dalam Kemali ini terdapat kolam kecil yang di dalam nya banyak terdapat MOA, masyarakat Sasak menyebut nya TUNA. Tuna ini sangat di keramat kan oleh masyarakat setempat.

10. BANYUMULEK
Desa Banyumulek adalah desa tempat pembuatan gerabah. Selain bertani, Masyarakat disini juga memproduksi gerabah yang sudah terkenal sampai manca negara

11. SUKARARA
Desa Sukarara adalah sentra pembuatan kain tenun Songket dan ikat. Pembuatan tenun di daerah ini, pada umum nya di kerjakan oleh orang perempuan. Karna tradisi di daerah ini adalah, mereka belum boleh menikah apabila mereka belum bisa membuat tenun

12. Desa Sade

Desa Sade adalah salah satu Desa adat suku Sasak yang masih memegang teguh adat dan tradisi dari nenek moyang mereka. Umum nya masyarakat disini hidup secara berkelompok, dan tinggal dalam suatu perkampungan adat.


13.PURA BATU BOLONG
Dinamakan Pura Batu Bolong, karna di areal ini terdapat tempat per sembahyang an umat Hindu ( Pura ) yang berada diatas batu yang bolong. Bagi wisatawan yang akan menikmati keindahan Sunset, tempat ini salah satu tempat yang pas. .

14. GUNUNG RINJANI
Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi ke dua di Indonesia, dengan ketinggian 3726 meter dari permukaan laut. Gunung ini mempunyai danau yang terkenal dengan keindahan nya, yaitu danau Segara Anak, Dalam bahasa Sasak, segara artinya laut. Jadi segara anak berarti anak nya laut, dinamakan Segara Anak karna danau ini sangat luas.
Hampir sepanjang tahun danau ini selalu di kunjungi oleh wisatawan dalam negeri ataupun manca negara.

Bagaimana? sudah terbayang atau belum indahnya wisata di lombok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar