Senin, 29 Agustus 2011

Arab Saudi Lebaran Hari Ini

DUBAY, (Tribunekompas)

By: Tommy.




- Arab Saudi memastikan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1432 Hijriah jatuh pada hari ini, Selasa, 30 Oktober 2011. Pengumuman itu disiarkan oleh televisi milik pemerintah Arab Saudi Al-Ekhbariyah.



Sebelumnya di Arab Saudi juga terjadi kebingungan tentang jatuhnya 1 Syawal 1432 Hijriah, apakah hari Selasa, 30 Agustus atau Rabu, 31 Agustus. Sebab, bulan baru yang menandakan berakhirnya Ramadan belum terlihat.



Namun, Arab Saudi pada Senin, 29 Agustus setelah matahari terbenam memastikan bulan baru telah terlihat. Mereka lalu mengumumkan bulan suci Ramadan berakhir dan libur Lebaran selama tiga hari di negara itu akan dimulai pada Selasa, 30 Agustus 2011.



Setelah Arab Saudi mengumumkan jatuhnya 1 Syawal 1432 Hijriah, banyak negara yang lain yang mengikutinya. Negara tersebut di antaranya, Mesir, Uni Emirat Arab, dan Qatar.



Menurut astronom yang juga anggota komite penglihatan hilal Uni Emirat Arab Sakher Abdullah Al Saif, melihat bulan baru adalah pekerjaan sulit. "Selama dua hari bulan berada di bawah horison setelah matahari terbenam, jadi sulit untuk melihatnya," kata Al Saif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar