Rabu, 17 Agustus 2011

Kereta Ekonomi Hanya Berangkat dari Senen, Kota, Tanah Abang, dan Priok

JAKARTA, (Trbunekompas)

By: Parman.




- PT Kereta Api Indonesia hanya akan melayani keberangkatan kereta api kelas ekonomi dari stasiun utama. Penumpang kereta yang akan mudik Lebaran tidak akan dilayani di stasiun antara. "Ini untuk memudahkan kontrol dan peningkatan pelayan pada angkutan mudik," ujar juru bicara PT KAI Daerah Operasi I Jakarta, Mateta Rizalulhaq, Rabu, 17 Agustus 2011.



Dia mengatakan selama perjalanan mudik keberangkatan, kereta hanya ada di empat stasiun utama, yaitu Stasiun Senen, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Tanjung Priok. "Ini tergantung lokasi keberangkatan masing-masing kereta," lanjut Mateta.



Dengan sistem ini, selama angkutan mudik, kereta direncanakan tidak akan berhenti di stasiun antara. Jadi, meski membeli tiket di Stasiun Jatinegara, kalau keberangkatan dijadwalkan di Stasiun Senen, maka semua penumpang harus naik dari Stasiun Senen. Menurut Mateta, pola ini diharapkan bisa lebih memudahkan PT KAI dalam mengawasi penumpang.



Dia juga mengklaim upaya ini bisa meningkatkan kenyamanan penumpang. "Penumpang tidak perlu lagi berebutan di setiap stasiun. Jadi, begitu kereta berangkat, semua sudah dalam posisi masing-masing sampai ke stasiun tujuan," ujarnya.



Untuk pengamanan selama arus mudik dan arus balik Lebaran, PT KAI akan menambah personel keamanan. Selain dari pengamanan internal oleh Polisi Khusus Kereta Api, keamanan juga dilakukan oleh kepolisian. Di setiap stasiun akan dikerahkan minimal empat orang petugas keamanan. "Selain itu, di atas kereta juga akan ada 1-2 orang pengawal."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar