Rabu, 17 Agustus 2011

PDIP Klaim Kantongi Empat Calon Pimpinan KPK

JAKARTA, (Tribunekompas)

By: Parman.




- Tjahjo Kumolo, Ketua Fraksi PDI Perjuangan mengaku sudah mengantongi nama yang akan dipilih menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. "Kami terus memantau, mempelajari trackrecord yang bersangkutan," ujar dia saat Kamis 18 Agustus 2011.



Namun, Tjahjo tak bersedia membuka nama-nama yang didukungnya. Alasan dia, hal tersebut bisa berubah jika ditemukan fakta fakta yang tidak sesuai dengan yang sementara ini diterima Fraksi. "Kami terus berkoordinasi dengan Panitia Seleksi untuk melihat rekam jejaknya," ujarnya.



Tjahjo menegakan, partainya menginginkan pimpinan KPK mendatang adalah orang yang bisa memperkuat lembaga tersebut, menjadi tim yang solid, kompak dalam memutuskan suatu kasus. "Siapa yang kami kantongi, jangan dulu diumumkan."



Panitia Seleksi Pimpinan KPK akan memberikan 8 nama yang lolos tahapan seleksi kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat. Pimpinan KPK yang sekarang ini, empat di antaranya segera habis masa jabatannya pada Desember mendatang. Mereka adalh M. Jasin, Chandra M Hamzah, Bibit Samad Rianto, dan Haryono Umar.



Delapan kandidat yang diajukan ke Presiden merupakan hasil saringan dari 142 bakal calon. Hari ini nama-nama delapan calon diumumkan. Menurut Koalisi Masyarakat Sipil, dua kandidat mempunyai catatan buruk yakni Zulkarnaen dan Aryanto Sutadi. Keduanya yang pernah menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur dan Direktur Kejahatan I Keamanan Negara dan Kejahatan Trans-Nasional, dipertanyakan komitmennya dalam pemberantasan korupsi.



Mereka yang dinyatakan lolos itu adalah Abdullah Hehamahua, Adnan Pandu Praja, Abraham Samad, Bambang Widjojanto, Yunus Husain, Handoyo Sudrajat, Zulkarnaen dan Aryanto Sutandi. "Kami berpikir positif, seandainya ada pesanan pemerintah. Pesanannya adalah yang obyektif. Partai juga tidak akan subyektif, karena DPR dikontrol oleh masyrakat," kata Tjahjo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar