Minggu, 28 Agustus 2011

Beginilah Ruang Tahanan Nazaruddin

JAKARTA, (Tribunekompas)

By: Anto.




- Ruang tahanan bekas Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin berada di sel B2 Blok B Rumah Tahanan Markas Komando Brimob Kelapa Dua, Depok. Tersangka kasus suap Wisma Atlet Palembang ini adalah penghuni tunggal di Blok B itu.



Blok B itu sendiri luasnya 8 x 12 meter dan terdiri dari empat sel. Sel Nazaruddin luasnya 3 x 4 meter. Posisinya ada di sudut belakang kiri area Blok B.



Kepala Rutan Mako Brimob Komisaris Polisi Basuki mengatakan sel Nazaruddin dilengkapi penyejuk udara, tempat tidur, sofa, dan toilet.



Di bagian depan Blok B terdapat ruangan tamu seluas 2 x 3 meter. Di dalamnya ada satu unit televisi 14 inci. Lalu ada sebuah sofa panjang dan satu sofa kecil yang sama-sama berwarna cokelat dan dilengkapi meja kayu warna cokelat.



Di salah satu sudut ruang tamu ada meja untuk penjaga, tapi tanpa kursi. Di sisi kiri ruang itu adalah sel Blok B1, lalu berurutan B2. Di seberang B1 adalah Blok B4 dan di depan B2 adalah Blok B3. Tiap sel diantarai lorong selebar satu meter.



Blok B ini berada sekitar 20 meter dari pintu masuk rumah tahanan, yang dipisahkan sebuah lapangan olahraga. Di pintu masuk ini terdapat ruang penjagaan dan ruang pemantauan sel melalui CCTV.



Dekat Blok B ada pintu masuk ke Blok A dan ruangan tunggu untuk para pembesuk. Di dekat lorong yang menuju Blok B ada ruangan interogasi.



Tapi kami tak bisa melihat kamar sel Nazaruddin yang ditempatinya sejak 14 Agustus lalu. Saat Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum memantau sistem keamanan Rutan Mako Brimob pagi hari ini, mereka hanya memantau dari luar blok.



Sedangkan pintu Blok B terkunci. "Nazaruddin ada di dalam," ujar Basuki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar