Kamis, 24 November 2011

Geber Infrastruktur, 25 Kilometer Jalan di Depok Masih Tanah

DEPOK, (Tribunekompas)
By: Arief.


- Walau selama 2011 ini Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Bimasda) Kota Depok melakukan 81 kegiatan pembangunan infrastruktur dengan kucuran dana Rp 137 miliar dari APBD Kota Depok. Tapi, jalan yang masih berbentuk tanah di kota yang dipimpin Walikota Nurmahmudi Ismail itu saat ini masih mencapai 25 kilometer.

Kepala Bimasda Kota Depok Yayan Arianto mengatakan, tiga agenda penting pembangunan Kota Depok terdiri dari pembangunan jalan, jembatan dan penataan sumber daya air. "Kami berusaha mengurangi tingkat kemacetan yang terjadi karena kerusakan infrastruktur jalan. Jadi perbaikan jalan tanah belum kami lakukan," terang Yayan, kemarin.

Saat ini, ungkap Yayan juga, pihaknya sudah memperbaiki 694 kilometer jalan hotmik dan 369 kilometer jalan beton. "Kami melakukan perbaikan jalan bertahap karena keterbatasan dana," ungkap Yayan.

Mantan Camat Limo ini juga menjelaskan, kemacetan yang kerap terjadi di beberapa ruas jalan bukan saja lajur yang sempit melainkan terjadinya kerusakan jalan perkotaan. Selain itu juga banyak juga terjadi kerusakan jalan lingkungan.

Dia juga tidak menampik masalah klasik yang belum juga tertangani dengan baik saat ini adalah perawatan jalan rusak yang belum seluruhnya bisa diperbaiki. Belum lagi, perbaikan sumber daya air yakni masih adanya ancaman banjir di sejumlah titik di Kota Depok.

Sementara itu, Sekretaris Komisi A DPRD Kota Depok Karno menyayangkan masih banyaknya jalan yang tidak beraspal di kota itu. Padahal, setiap tahun alokasi anggaran terus digelontorkan guna membiayai perbaikan jalan. "Saat ini musim hujan. Pasti jalan tidak beraspal menjadi kubangan dan membahayakan warga," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar