Kamis, 10 November 2011

Walikota Depok Kunjungi KLB Hepatitis A Di SMKN 2 Depok

DEPOK, (Tribunekompas)
By: Arief.


- Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il didampingi, Kepala Dinas Kesehatan Dr. Hardiono, Kadisdik Asep Rahmat, Kabag Humas Setda Depok Hani Hamidah meninjau dan melakukan diinfectaninasi di SMK N 2 Sawangan Depok. Hal ini dikarenakan KLB Hepatitis A telah terjadi di SMK N 2 Depok.

Kronologisnya adalah: Laporan dari Guru SMK N 2 Kota Depok, pada Senin, 24 Oktober 2011, banyak murid dan Guru yang matanya kuning. Kemudian pada tanggal 25 Oktober 2011 dilakukannya penanganan oleh Puskesmas dan Dinkes. Dari hasil pendataan ada 59 orang yang matanya kuning, dan langsung diobati ( dibawa ke RS).

Menurut laporan Kepala Sekolah SMK N 2 Depok 11 orang siswa yang dirawat diantaranya di Rs. Assiyifa, Bhaktiyudha, RS Mitra, RSUD Depok. Dinas kesehatan menyatakan telah melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab awal penyebaran virus hepatitis A ini, didapatkan bahwa salah satu anggota keluarga kantin penjual makanan mengidap penyakit ini.

Walikota Depok menyatakan ini termasuk dalam Kejadian Luar Biasa. Jumlah penderita seluruhnya adalah 90 orang, 1 orang Guru dan 89 Siswa. Walikota menyampaikan rasa empati nya, beliau menghimbau agar sekolah dan dinas kesehatan memperlajari penyebabnya dan mencegah, mencari lebih detail penyebab virus hepatitis di SMK N 2 ini. Bedasarkan masukan dari dinas kesehatan, penyemprotan, disinfectan ini adalah upaya pemutusan mata rantai virus ini.

Apabila penyebabnya dari kantin, dari kondisi tersebut harus dibangun kantin sehat dan bersih agar tidak terjadi kembali penularan penyakit lainnya yang disebabkan ketidak higienisan. Kami akan segera mengusulkan dana tak terduga, apabila perlunya diberikan vaksin kami akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat,” tutur beliau.

Dinas Kesehatan diharapkan secara proaktif melakukan pendataan, Lurah dan Camat juga dihimbau mengetahui data masyarakatnya yang terjangkit virus ini. Adapun gejala jika terjangkit virus hepatitis A ini adalah mata berwarna kuning, demam, mual, lemas, dan harus banyak istirahat. Penularan penyakit ini melalui udara, air liur, pemakaian alat makanan bergantian, dan air yang tidak steril.

Setelah meninjau lokasi KLB virus Hepatitis A, Walikota bergegas menengok salah seorang siswa SMKN 2 yang bernama Deni novian(14), yang di rawat sejak Selasa (2/11), sudah 17 hari di RS. Bhakti Yudha dibawah perawatan dr.Sinarta Sp.Pd. Hendaknya masyarakat terus menjaga kebersihan diri sendiri lingkungan, selalu mencuci tangan sebelum makan dan para siswa tidak jajan sembarangan, himbau pak Wali lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar