Selasa, 29 November 2011

Walikota Depok Menerima Kedatangan Tim Penilai CBAN

DEPOK, (Tribunekompas)
By: Arief.

- Bertempat di Aula lantai 5 Balaikota Depok, Senin (28/11) Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il menerima kedatangan Tim Penilai Citra Bhakti Abdi Negara (CBAN). Turut hadir dalam acara ini Wakil Walikota Depok, Sekretaris Daerah, Perwakilan dari Muspida, Perwakilan dari DPRD, Kepala OPD, Camat, rekan Media, Ketua Tim Penggerak PKK dan tamu undangan lainnya.

Tujuan kedatangan Tim Penilai Citra Bhakti Abdi Negara (CBAN) perwakilan dari Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara ini adalah untuk memberitahukan kategori penilaian pelayanan publik dan mendengarkan presentasi dari Walikota Depok. Walaupun menurut Tin CBAN bahwa penilaian ini telah dilakukan sejak 3 tahun yang lalu, yaitu di tahun 2008, berdasarkan pada data yang diperoleh dan fakta yang berkaitan dengan pelayanan publik. Namun nantinya, Tim Penilai CBAN juga mengadakan wawancara kepada Walikota Depok secara langsung, mengenai pelayanan publik yang ada di Kota Depok ini.

Acara ini diawali dengan sambutan dari Walikota Depok. Dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat datang dan mengapresiasi kepada tim CBAN. Ini merupakan lomba kinerja pelayanan publik tingkat kota dan kabupaten. Citra Bhakti Abdi Negara dimaknai dalam rangka peningkatan pelayanan publik karena tingkat kritis masyarakat yang semakin tinggi. Pemerintah Kota Depok terus berusaha meningkatkan pelayanan publik sesuai yang tertuang dalam visi RPJMD Tahun 2011-2016 yaitu: Terwujudnya Kota Depok yang Maju dan Sejahtera.

Pemerintah Kota berusaha mewujudkan janjinya, “Kami telah membangun 2 buah SMP dan kami akan mencoba mewujudkan setiap kecamatan mempunyai 2 buah SMP dan SMA. Pada tahun 2012 Kami berkomitment untuk mewujudkan bebas uang gedung dan spp, untuk tingkat SD, SMP, dan SMA Negeri di Kota Depok. Juga 100 orang beasiswa melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri (Gratis), kepada mereka yang memiliki preatasi dan nilai tinggi dari SD, SMP dan SMA. Bentuk kepedulian pemerintah lainnya, adalah Pemberdayaan 3000 Pemuda, Puskesmas, RW Siaga, dan Santunan Kematian sebesar 2 juta rupiah, dan betonisasi, ” pungkas Walikota.

“Demi mewujudkan visi dan misi kota Depok diantaranya: Depok Tertib & Unggul, Bersih dan Hijau, Kota Layak Anak, dan Depok Cyber City. Diharapkan masyarakat mampu memanfaatkan teknologi, tidak hanya sebagai lifestyle tetapi juga untuk meningkatkan kreatifitas dan kemampuan sampai menjadi mata pencaharian melalui software yang diciptakan.Kami berusaha sebelum tahun 2014 telah memiliki kemaksimalan dalam hal pelayanan, bimbingan dari tim CBAN untuk Pemkot Depok senantiasa kami tunggu” tutur Walikota.

Acara dilanjutkan dengan presentasi oleh Walikota mengenai Kondisi perkembangan Kota Depok dan sambutan dari Asisten Deputi Bidang Pelayanan Publik dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara, Bapak Ferdinan Meuwingkang. Beliau mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah Kota Depok telah menerima tim CBAN. Dalam rangka pemberian CBAN, Penilaian Citra Bhakti Abdi Negara pertama kali dilakukan pada tahun 2006. Merupakan kegiatan yang positif karena mampu memotivasi Kepala Daerah (Walikota/ Bupati ) agar semakin meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik.

Berkaitan dengan UUD No.25 tahun 2009 menjelaskan tentang Pelayanan Publik, disampaikan, jika Pemerintah Kota berhasil memperoleh Penghargaan dalam penilaian CBAN, maka penghargaan akan diberikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia. Diharapkan tidak semata-mata karena ingin memperoleh piala, tetapi diharapkan agar pelayanan publik yang baik dapat diberikan oleh Walikota kepada masyarakat. Apalagi Walikota merupakan ujung tombak penyelenggaraan otonomi daerah.

Penilaian juga didasarkan pada fakta yang diamati dan dinilai oleh tim CBAN di unit-unit Pelayanan Publik. Beliau mengatakan bahwa Depok telah menjadi nomer 1 se-Jawa Barat, namun harus bersaing secara Nasional, di ingatkan kepada Kepala SKPD Depok menyiapkan segala data yang diperlukan, “tuturnya lagi.

Mengakhiri acara ini dianjutkan dengan Penyerahan Profil Pelayanan Publik Kota Depok, dan pemberian Cindera mata berupa plakat kota Depok, parcel belimbing Dewa sebagai icon Kota Depok, disertai Batik Depok. Tanggapan Walikota Depok mengenai CBAN: “Kami selaku Pemerintah Kota selalu siap menyediakan segala data yang diperlukan, menyediakan yang terbaik demi kelancaran penilaian. Kami juga berusaha melakukan peningkatan pelayanan terutama yang sesuai dengan kategori penilaian tim penilai CBAN, “tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar