Rabu, 16 November 2011

Harga Minyak Melonjak, Tanda Ekonomi Membaik

JAKARTA, (Tribunekompas)
By: Tommy.


- Harga patokan minyak mentah West Texas Intermediate naik setinggi $100,79 dalam perdagangan elektronik pada hari Rabu, 16 November 2011

Harga minyak telah melonjak selama beberapa minggu karena ekonomi membaik, sementara ketegangan meningkat di negara-negara yang memegang beberapa sumber utama minyak mentah di dunia.

Benchmark minyak mentah telah melonjak 26 persen sejak akhir September. Ini melewati batas $100 setelah Departemen Tenaga Kerja melaporkan bahwa konsumen kurang melakukan pembayaran untuk gas, mobil dan komputer, inflasi berjalan lambat, membuat tekanan pada Federal Reserve lebih meningkat, kini dia harus berbuat lebih banyak lagi untuk merangsang pertumbuhan ekonomi.

Ketakutan lain resesi AS telah menjatuhkan harga minyak dari 2011 berada diposisi $ 113,93. Tetapi laporan ekonomi terbaru menunjukkan bahwa konsumen telah meningkat dan aktivitas manufaktur terus tumbuh.

Sementara itu, Iran, sebagai eksportir keempat minyak terbesar dunia, diduga mengembangkan senjata nuklir, menurut laporan PBB awal bulan ini. Program nuklirnya bisa menyebabkan sanksi perdagangan internasional, dan Israel telah mengancam aksi militer tersebut.

Perusahaan yang beroperasi di Nigeria juga mengatakan bahwa produksi minyak telah diwarnai oleh sabotase dan pencurian langsung. Nigeria adalah salah satu dari lima eksportir minyak ke AS. Kini pasokan minyak, bensin dan diesel juga telah berada di Amerika Serikat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar