Kamis, 22 September 2011

Amerika Serikat Bangun Pangkalan Jet Tanpa Awak di Afrika

AS, (Tribunekompas)
By: Tommy.


Amerika Serikat membangun pangkalan jet tempur tanpa awak di Etiopia, Seychelles, dan Jazirah Arab lainnya untuk menghadang serangan teroris.

Pangkalan ini merupakan bagian dari salah satu gugus tugas militer Amerika Serikat di Afrika yang bertugas menangkal serangan kelompok teroris, terutama Al-Qaidah, serta melakukan kegiatan mata-mata.

Laporan Washington Post menyebutkan, salah satu pangkalan tersebut sangaja dibangun di Etiopia, sekutu dekat Amerika Serikat di Afrika. Pangkalan berikutnya didirikan di Seychelles, negara bekas jajahan Prancis, setelah armada berjuluk "hunter-killer" ini efektif melakukan patroli langit di Somalia.

Selama ini, pesawat tanpa awak itu diterbangkan dari pangkalan militer Amerika Serikat di Djibouti yang digunakan untuk menghadang gerakan teroris di Somalia dan Yaman.

"Kami belum begitu mengenal para pemimpin yang berafiliasi dengan Al-Qaidah di Afrika," kata seorang pejabat Amerika Serikat kepada Wall Street Journal.

Gerakan Al-Qaidah yang telah berlangsung selama 10 tahun di daerah tak bertuan di Somalia sulit terendus. Mereka bergabung dengan kelompok pemberontak Islam garis keras untuk merebut kekuasaan negara.

Untuk menepis gerakan radikal di sana, pasukan Etiopia menginvasi Somalia pada 2006 dengan dukungan intelijen, logistik, dan keuangan Amerika Serikat. Namun, kedatangan serdadu Etiopia mendapatkan perlawanan sengit al-Shahaab, kelompok militan Islam di Somalia yang didukung oleh Al-Qaidah dan kelompok jihad lainnya sehingga serangan Etiopia gagal total.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar