Minggu, 11 September 2011

Pemerintah Harus Bertindak Tegas Atasi Kekerasan di Ambon!

JAKARTA, (Tribunekompas)
By: Parman.


- Pemerintah dan aparat keamanan harus segera menghentikan tindakan kekerasan yang terjadi di kota Ambon, Maluku.

Demikian disampaikan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Saleh Partaonan Daulay, beberapa saat lalu (Senin, 12/9).

Berdasarkan informasi yang dia peroleh, Saleh mengatakan bahwa tindak kekerasan di Ambon pada Minggu petang kemarin (11/9) bermula dari tindakan kriminal murni dengan modus pembunuhan terhadap seorang sopir ojeg yang sedang mencari nafkah. Untuk menghindari meluasnya konflik yang terjadi, Saleh meminta agar pelaku tindak kriminal tersebut segera ditangkap dan diadili dengan asas penegakan supremasi hukum.

Karena itu, kata Saleh, Pemuda Muhammadiyah mengimbau masyarakat agar tidak terpancing untuk melakukan tindakan kekerasan yang lebih luas. Pemuda Muhammadiyah meminta semua pihak untuk menahan diri seraya memberikan kesempatan kepada pemerintah dan aparat penegak hukum untuk mengusut dan menyelesaikan masalah ini secara adil dan transparan.

Pemuda Muhammadiyah juga, lanjut Saleh, mengimbau seluruh masyarakat Ambon agar berhati-hati terhadap tindakan-tindakan provokatif yang mungkin dilakukan orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan mengambil keuntungan dari peristiwa ini. Pemuda Muhammadiyah menyerukan kepada semua pihak untuk tidak menjadikan konflik yang terjadi sebagai sarana untuk mengalihkan isu-isu bernuansa politik yang terjadi di tingkat nasional

"Pemuda Muhammadiyah melalui kader-kadernya di Ambon juga harus memprakarsai cara-cara damai dalam menyelesaikan setiap masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat," demikian Saleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar