Selasa, 20 Desember 2011

Abraham cs Jalani Pembekalan Pimpinan KPK

JAKARTA, (TRIBUNEKOMPAS)
By: Anto.


- Jajaran pejabat Komisi Pemberantasan Korupsi memberi pembekalan terhadap pimpinan KPK baru. Mereka diajari untuk mengenal tugasnya sebagai pemangku kebijakan tertinggi lembaga antikorupsi itu. "Pembekalan berlangsung hingga Kamis mendatang," kata juru bicara KPK Johan Budi S.P. di kantornya, Selasa, 20/12.

Johan mengatakan pimpinan KPK baru itu akan mendapatkan pengenalan tata laksana berorganisasi, kode etik pimpinan KPK, serta aturan-aturan Komisi. Pembicaranya berasal dari pimpinan KPK sebelumnya, seperti Bibit Samad Rianto, Chandra M. Hamzah, M. Jasin, serta Haryono Umar. "Ada juga sejumlah penasehat KPK dan pimpinan KPK lama lainnya," ujar Johan.

Pimpinan KPK baru mulai Senin lalu sudah menginjakkan kaki ke kantor lembaga antikorupsi itu. Kedatangan mereka disambut dengan serah terima jabatan dengan pimpinan KPK lama. Mereka adalah Abraham Samad, Zulkarnain, Bambang Widjojanto, dan Adnan Pandu Praja. Mereka menggantikan posisi pimpinan lama yakni Chandra M. Hamzah, Haryono Umar, M. Jasin, dan Bibit Samad Rianto.

Abraham menggantikan posisi Busyro Muqoddas sebagai Ketua KPK, sementara Busyro serta tiga pimpinan baru lainnya akan ditempatkan di pencegahan dan penindakan. Johan mengatakan pembekalan ini sangat penting agar pimpinan KPK baru bisa menjanlankan tugasnya dengan lancar. Sehingga hasil dari kebijakannya juga berada dalam koridor aturan di KPK.

Ia menegaskan bahwa masa orientasi ini tidak akan menghalangi kebijakan pengusutan kasus di KPK. Selama pekan ini, KPK akan tetap melakukan pemeriksaan. "Akan tetap ada ekspose dan pengusutan kasus ," ujar dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar