Kamis, 08 Desember 2011

Mobile Internet Indonesia Paling Murah Se-ASEAN

JAKARTA, (tRIBUNEKOMPAS)
By: Tommy.


- Riset terbaru dari Yahoo Net Indonesia menunjukkan penggunaan mobile internet di kawasan Asia Tenggara mengalami peningkatan.

Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan tertinggi di kawasan ini, mencapai 160 persen dibandingkan tahun 2009.

Salah satu pemicunya biaya bulanan mobile internet yang cukup murah. Biaya akses mobile internet di Indonesia yang rata-rata sebesar US$ 12,5 atau sekitar Rp 113 ribu per bulan bahkan paling murah dibanding negara lain di ASEAN.

Posisi ini diikuti Filipina dengan US$ 13,1 atau sekitar Rp 119 ribu, Malaysia dengan US$ 15 atau sekitar Rp 136 ribu, dan Vietnam dengan US$ 24, atau sekitar Rp 218 ribu.

Pendorong lain adalah generasi pria muda usia 15 sampai 24 tahun yang memiliki ponsel yang dilengkapi dengan fitur smartphone, namun dengan harga semurah ponsel biasa yang biasanya dibandrol dibawah US$ 200 atau sekitar Rp 1,8 juta.

"Dengan hanya 8 persen dari populasi di Indonesia yang menggunakan mobile Internet, ada potensi besar yang belum tersentuh oleh Yahoo! untuk mendapatkan wawasan lebih mendalam melalui penelitian Yahoo! Net Index 2011," ujar David Jeffs, Kepala Yahoo! Insights, dalam pernyataan tertulisnya, Kamis, 8/12.

Penelitian ini juga menemukan bahwa Nokia merupakan merek yang dominan digunakan untuk mengakses Internet secara mobile dengan persentase 46 persen, diikuti oleh BlackBerry dengan persentase 10 persen, dan pemain lokal Nexian sebesar 9 persen.

IM3 saat ini menjadi vendor telekomunikasi yang paling banyak digunakan untuk Internet melalui perangkat mobile, diikuti Simpati, XL, Tri dan Axis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar