Jumat, 16 Desember 2011

Partai SRI Tetap Usung Sri Mulyani Calon Presiden

JAKARTA, (TRIBUNEKOMPAS)
By: Rangga.

- Walaupun gagal lolos dalam verifikasi partai politik Kementerian Hukum dan HAM untuk ikut dalam Pemilu 2014, Partai Serikat Rakyat Indonesia akan tetap mengusung Sri Mulyani untuk menjadi calon presiden dalam Pemilu 2014. “Partai SRI akan menggandeng beberapa partai kecil lain yang tidak lolos verifikasi untuk menggalang kekuatan sebagai bentuk dukungan pada Sri Mulyani,” kata tokoh Partai SRI, Wimar Witoelar, Jumat 16 Desember 2011.

Wimar menyatakan Partai SRI tidak akan menggugat hasil keputusan Kementerian Hukum dan HAM. Sebab, kata dia, dengan sistem hukum yang berlaku sekarang, proses hukum di pengadilan hanya akan buang-buang waktu. SRI tidak memprotes keputusan tersebut dan menganggap kegagalan ini sebagai bentuk sebuah kekalahan dalam tukar tambah politik.

SRI telah melengkapi seluruh persyaratan yang diperlukan namun ternyata tetap gagal. “Dari hasil ini terlihat jelas bahwa partai besar tidak ingin membuka sistem politik. Terdapat sebuah motif politis untuk tidak membuka medan persaingan,” ungkap Wimar.

Partai SRI mengaku bahwa walaupun secara hukum mereka tidak lolos, namun secara politik mereka merasa menang karena berhasil mengumpulkan dukungan dari beberapa partai untuk tetap mengusung Sri Mulyani sebagai calon presiden 2014.

Kementerian Hukum dan HAM memutuskan bahwa terdapat 13 partai politik yang gagal lolos verifikasi pemilu 2014. Ketiga belas partai tersebut adalah Partai Demokrasi Pancasila, Partai Independen, Partai Indonesia Rakyat Bangkit, Partai Karya Republik, Partai Kekuatan Rakyat Indonesia, Partai Kemakmuran Bangsa Nusantara, Partai Nasional Republik, Partai Penganut Thariqot Islam Negara Islam Indonesia, Partai Persatuan Nasional, Partai Republik Perjuangan, Partai Republik Satu, Partai Satria Paningit dan Partai Serikat Rakyat Independen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar