Kamis, 01 Desember 2011

Hari Ini, DPR Pilih Ketua KPK Baru

JAKARTA, (Tribunekompas)
By: Tommy.


- Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat akan memilih ketua Komisi Pemberantasan Korupsi periode 2011-2015, Jumat 2 Desember 2011. Sebelumnya, Komisi Hukum akan memilih empat dari delapan calon pemimpin KPK sebagai pendamping Busyro Muqoddas.

Ketua Komisi Hukum Benny K. Harman mengatakan usai memilih empat calon, Komisi Hukum akan meminta klarifikasi dan kesediaan Busyro untuk dicalonkan kembali sebagai ketua KPK. Jika bersedia, Busyro akan kembali diikutkan dalam pemilihan.

Ihwal mekanisme pemilihan, Benny mengatakan kemungkinan besar akan menggunakan sistem pemungutan suara, satu anggota Komisi memilih paket berisi empat nama calon. "Saya rasa voting orang perorang. Kecuali kalau dengan musyawarah mufakat," ujarnya.

Setelah terpilih empat pemimpin baru KPK, Komisi akan kembali menggelar pemungutan suara untuk menentukan nama ketua KPK yang baru.

Terkait pemilihan ketua KPK, peluang Busyro terpilih kembali tampaknya cukup berat. Hampir seluruh fraksi di Komisi Hukum dalam sejumlah kesempatan mengisyaratkan tidak akan memilih Busyro. Mereka beralasan, Busyro terlalu banyak bermanuver dan berbicara di depan publik.

Komisi Hukum telah merampungkan uji kelayakan dan kepatutan terhadap delapan calon sejak Senin lalu. Sembilan fraksi di komisi memiliki waktu satu malam ini untuk memutuskan empat nama pilihan masing-masing, termasuk untuk menjalin komunikasi antarfraksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar