Jumat, 21 Oktober 2011

Identitas Mayat Gosong Di Kardus Terbongkar

JAKARTA, (Tribunekompas)
By: Anto.


- Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Gatot Eddy Pramono memastikan, jika mayat gosong yang ditemukan warga Kembangan, Jakarta Barat adalah Sutarto. Setelah sebelumnya, istri beserta anak Sutarto mendatangi RS Polri untuk memastikan hal tersebut.

"Mayat sudah teridentifikasi. Namanya Sutarto," ujar Gatot, Sabtu 22 Oktober 2011.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi, Ferdy Sambo menjelaskan, motif pembakaran mayat sutarto berlatar belakang dendam, sebab tak ada barang milik korban yang dibawa oleh pelaku.

"Mungkin dendam. Mayatnya dibunuh dulu sebelum dibakar untuk meninggalkan jejak," kata Ferdi.

Sementara itu, saksi mata mangatakan sebelum ditemukan mayat yang dibakar, sempat terlihat ada mobil boks mondar-mandir. Tetapi belum bisa dipastikan apakah mobil itu terkait kasus ini atau tidak.

Sebelumnya, warga Kembangan Jakarta Barat menemukan sosok mayat yang terbakar di pinggir lapangan bola. Penemuan mayat itu membuat daftar panjang pembunuhan berencana yang dicacat polisi.

Menurut Kapolsek Metro Kembangan, Komisaris Sutoyo, tidak ditemukan identitas maupun pentunjuk untuk mengungkap siapa korban ini.

Dari identifikasi awal. Sebelum dibakar, mayat terlebih dulu dibungkus dengan sprei dan karpet. Tubuh korban sengaja dibakar agar pelaku pembunuhan sulit dilacak. "Untuk menghilangkan jejak, mayat itu lalu dibakar sebelum dibuang di lapangan. Sepertinya dibakar pakai bensin," ujar Sutoyo.

Dijelaskan Sutoyo, mayat bisa dipastikan laki-laki karena bagian bawah tubuh korban tidak hangus seluruhnya. Bahkan masih ditemukan potongan celana jenis codurai yang tidak habis terbakar. Mayat itu kini berada di RS Polri untuk keperluan otopsi.

Penemuan mayat ini menambah daftar pembunuhan sadis di Jakarta dalam satu pekan terakhir. Sebelumnya, mayat wanita dalam kardus ditemukan di Kampung Bulak, Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara. Korban berada di dalam kardus televisi ukuran 21 inch dengan merek Sharp, dan baru diketahui selepas salat Jumat lalu.

Sehari setelah heboh mayat wanita dalam kardus, ditemukan mayat bocah perempuan dalam koper di Jalan Cakung Cilincing, Cakung Barat RT 4 RW 4, Jakarta Timur. Dari pemeriksaan awal, bocah itu diduga adalah korban perkosaan. Sekujur tubuh mayat tampak melepuh dan bengkak, pertanda mayat mulai membusuk dan diperkirakan sudah dua hari dibunuh sebelum ditemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar