Minggu, 30 Oktober 2011

Kabar Gembira, Tahun 2012, ATM Semua Bank Bakal Tersambung

JAKARTA,(Tribunekompas)
By: Parman.


- Direktur Sistem Pembayaran Bank Indonesia Ronald Waas mengungkapkan Bank Indonesia dan penyedia jasa jaringan tengah merancang sistem interkoneksi antar seluruh Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang beroperasi di Indonesia. Targetnya, "Interoperabiltas 2012," kata dia saat dihubungi, Ahad, 30/10.

Selama ini, ada tiga penyedia jasa jaringan ATM yang beroperasi di Indonesia yakni jaringan ATM Bersama yang dikelola PT Artajasa Pembayaran Elektronis, Jaringan Prima yang dikelola PT Rintis Sejahtera, dan Jaringan Alto yang dikelola PT Daya Network Lestari. Ketiganya belum terhubung satu sama lain sehingga bank harus menjadi anggota lebih dari satu jaringan untuk bisa terkoneksi dengan seluruh bank di Indonesia.

Bank Indonesia berharap, setelah diberlakukannya sistem satu kali switching, transaksi antarbank bisa meningkat. "Sama seperti ketika interkoneksi antar provider (telekomunikasi seluler) dibuka, jumlah sms meningkat," ujarnya. Sistem ini, kata Ronald juga menguntungkan bank karena hanya perlu membayar biaya untuk satu kali switching agar bisa terkoneksi dengan semua bank.

Meski begitu, hingga kini belum diputuskan bagaimana teknis pengelolaan jaringan tersebut. Soal kemungkinan tiga perusahaan jasa interkoneksi bergabung, Ronald mengungkapkan, hal itu hanya satu dari sekian banyak kemungkinan. "Itu tergantung mereka," kata dia.

Sistem satu kali switching ini adalah implementasi dari National Payment Gateway (NPG) yang dirancang Bank Indonesia. Rencananya, Senin, 31 Oktober 2011, BI akan kembali bertemu dengan perusahaan penyedia jasa jaringan untuk membahas implementasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar