Minggu, 30 Oktober 2011

Uang Keamanan Freeport Langsung Diberikan kepada Personel Polisi

JAKARTA, (Tribunekompas)
By: Anto.

- Kepala Divisi Humas Markas Besar Kepolisian RI Ispektur Jenderal Saud Usman Nasution mengatakan uang keamanan dari PT Freeport Indonesia tidak diberikan melalui Mabes Polri, tapi langsung kepada personel polisi yang bertugas menjaga keamanan Freeport. “Pemberiannya langsung dari perusahaan kepada personel yang bersangkutan. Kalau tujuannya untuk meningkatkan motivasi tugas polisi, kenapa tidak,” kata Saud saat dihubungi pada Minggu, 30 Oktober 2011.

Saud menjelaskan biaya hidup di Papua lebih mahal dibandingkan dengan Jakarta atau daerah lainnya. Itu sebabnya pemberian dana pengamanan oleh PT Freeport Indonesia kepada polisi diizinkan untuk meningkatkan kinerja polisi.

Mengenai temuan Indonesia Police Watch yang menyebutkan adanya anggaran US$ 14 juta per empat bulan dari Freeport kepada polisi, menurut Saud, kemungkinan itu terjadi saat adanya pengiriman pasukan ketika terjadi konflik beberapa waktu lalu. “Kemungkinan itu untuk pengiriman pasukan butuh transportasi, akomodasi, dan lain-lain. Di sana ancaman gangguan cukup tinggi,” ujar Saud.

Adapun Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Papua, Komisaris Besar Wahyono, menolak berkomentar soal anggaran pengamanan dari PT Freeport Indonesia. “Saya tidak bisa komentar soal itu,” ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar