Sabtu, 22 Oktober 2011

PILGUB BANTEN: Atut-Rano Lewati 50 Persen

BANTEN, (Tribunekompas)
By: Warto.


- Berdasarkan hasil Quick Count yang dirilis oleh Konsultan Citra Indonesia (KCI), pasangan nomor urut 1 Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2012-2017, Ratu Atut-Rano Karno meraih suara 50,36 persen disusul WH-Irna 37,98 persen dan Jazuli-Muzaki 11,66 persen.

Menurut Direktur KCI, M. Barkah Pattimahu, dalam rilis yang diterima petang ini, faktor kemenangan Atut-Rano ditentukan oleh empat variabel. Pertama, tingkat popularitas kandidat yang masih sangat tinggi yaitu 97 persen.

Kedua adalah faktor incumbent. Kalangan menengah kota memang mempunyai pandangan lain terhadap kinerja Ratu Atut. Tetapi mayoritas masyarakat Banten tinggal di daerah pedesaan, dan mayoritas menilai kinerja Gubernur Atut positif. Faktor ketiga kemenangan Atut adalah kinerja mesin politik. Faktor keempat, menurut Barkah adalah peran media yang memberitakan Ratu Atut secara massif.

Dijelaskan Barkah, sampling error Quick Count yang mereka lakukan adalah 1 persen. Sehingga, menurut dia, hasil akhir nanti tidak akan jauh berbeda dengan hasil Quick Count.

Tidak jauh berbeda dengan KCI, Jaringan Suara Indonesia (JSI) merilis pasangan Atut-Rano memperoleh suara 50,26 persen, WH-Irna 37,92 persen, dan Jazuli-Muzaki 11,82 persen.

Kemenangan Ratu Atut-Rano Karno juga terlihat dari hasil Quick Count Lingkaran Survei Indonesia. Dari 98 persen suara yang masuk, nomor 1 unggul dengan raihan 50,3 persen, nomor 2 mencapai 38,7 persen, dan nomor 3 meraih 11,98 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar