Rabu, 26 Oktober 2011

Peserta Rapimnas Golkar Dipancing Setujui Ical Jadi Capres

JAKARTA,(Tribunekompas)
By: Anto.

- Meski secara formal Partai Golkar belum memutuskan jagonya untuk maju dalam Pemilihan Presiden 2014, secara informal siapa jago Partai ini sudah terlihat di Rapat Pimpinan Nasional Partai itu. Saat dipancing Ketua Panitia Rapimnas Sharif Cicip Sutardjo, pengurus partai dari daerah-daerah itu dengan kompak menyetujui Ketua Umum mereka, Aburizal Bakrie, dicalonkan pada 2014.

Lontaran itu disampaikan Cicip yang juga Wakil Ketua Umum Partai Golkar saat berpidato mengantar pembukaan Rapimnas. Menteri Kelautan dan Perikanan yang baru itu sengaja memancing percakapan soal jago 2014. Kepada pengurus daerah Golkar seluruh Indonesia ia minta koleganya itu memilih sang Ketua Umum sebagai calon presiden 2014 mendatang.

"Tak perlu lama-lama, semua setuju kan Ketua Umum Aburizal Bakrie jadi calon presiden 2014?" kata Cicip kepada seluruh kader Golkar tingkat provinsi di Hotel Mercure, Rabu 26 Oktober 2011.

Lantas para kader Golkar yang hadir pun mengiyakan pertanyaan Cicip disertai sorak sorai dan tepuk tangan. "Setuju!" jawab peserta Rapimnas.

"Dengan begitu, Rapimnas mendatang hanya untuk menetapkan saja secara resmi Ketua Umum sebagai capres," kata Cicip lagi.

Aburizal dalam pidatonya tak menyinggung soal pencalonan dirinya. Ia hanya minta kadernya tidak lupa diri meski saat ini berbagai survei menempatkan Golkar di urutan teratas jika pemilu diselenggarakan sekarang.

Ketika ditanya soal pencalonan itu Ical mengaku belum mendengarkan kabar tersebut. "Saya belum dengar, yang lain-lain kan baru gosip-gosip cerita saja," katanya.

Namun dia menjelaskan bahwa pemilihan calon presiden dari Golkar akan dilaksanakan pada Rapimnas tahun depan. Setelah target elekbilitas partai dan nama calon presiden mengalami peningkatan di tahun depan.

Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung mengatakan dalam rapat ini belum ada kepastian pemilihan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie sebagai calon dari Golkar. "Belum, itu saja pendapat-pendapat dari peserta Rapimnas, dari daerah-daerah," katanya.

Akbar mengatakan dalam Rapimnas ini akan didengar apa yang ingin disampaikan oleh kader-kader Golkar dari berbagai daerah. "Dari dewan perwakilan daerah (DPD) tingkat satu dan dua dalam pandangan umum mereka nanti," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar