Selasa, 04 Oktober 2011

Orang Dekat Muhaimin Terima Fee dari 10 Pengusaha

JAKARTA, (Tribunekompas)
By: Tommy.


- Tersangka kasus suap proyek transmigrasi Tersangka kasus suap proyek transmigrasi Dharnawati menyatakan sekitar 10 pengusaha telah memberikan commitmen fee kepada Sindu Malik Pribadi dan Iskandar Siadjo alias Acos. Kesepuluh pengusaha yang berasal dari Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan itu melunasi fee yang disyaratkan sebesar 10 persen.

"Mereka menyetor duit secara angsur antara tiga sampai empat kali," kata Dharnawati seusai menjalani pemeriksaan di KPK, Selasa 3 Oktober.

Dharnawati mengaku yakin duit itu sampai ke tangan kedua orang yang disebut-sebut dekat dengan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar itu. Sebab, ia melihat bukti penyerahan duit tersebut. "Terdapat kuitansi dan selembar kertas bertuliskan daftar nama pengusaha itu," ujar dia mengaku tak mengingat nama-nama pengusaha maupun total duit yang telah disetor.

Dharnawati adalah Kuasa Direktur PT Alam Jaya Papua. Ia tertangkap tangan menyuap Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, I Nyoman Suisnaya serta Kepala Bagian Perencanaan, Evaluasi, dan Pelaporan Kementerian, Dadong Irbarelawan.

Dari penangkapan itu, KPK menyita duit yang diduga hasil suap Rp 1,5 miliar. Menurut tersangka, uang itu rencananya akan diberikan kepada Menteri Muhaimin sebagai hadiah Lebaran. Pemberian uang itu diduga ada kaitannya dengan Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah di Kawasan Transmigrasi untuk 19 kabupaten pada APBN-Perubahan 2011 yang berbiaya Rp 500 miliar.

Sindu adalah bekas pejabat Kementerian Keuangan sedangkan Acos adalah pengusaha. Iskandar juga memiliki kedekatan dengan Wakil Ketua Badan Anggaran DPR, Tamsil Linrung.

Kedua orang ini diduga bekerja sama dengan Muhammad Fauzi, Ali Mudhori, dan Dani Nawawi dalam menyusun proyek DPPID. Mereka diduga kompak meminta 10 persen commitment fee kepada pengusaha sebagai imbalan memenangkan proyek .Fauzi, Ali, dan Dani juga disebut-sebut orang dekat Muhaimin.

Dharnawati mengatakan Sindu maupun Acos memaksanya untuk ikut menyerahkan commitment fee tersebut. Namun dirinya menolak karena jumlah duit tersebut dinilai terlalu tinggi. "Saya tawar 8 persen tapi mereka tak mau," kata dia.

Akibat penolakan itu, Dharnawati mengaku hubungannya dengan Sindu maupun Acos menjadi renggang. Apalagi mereka menganggap dirinya tidak memiliki uang. "Saya punya finance loh."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar