Senin, 03 Oktober 2011

SBY Belum Ajak Bicara PKS Soal Reshuffle

JAKARTA, (Tribunekompas)
By: Tommy.


- Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Tifatul Sembiring, mengatakan pemimpin partainya belum diajak berembuk soal perombakan kabinet oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Tifatul, yang juga Menteri Komunikasi dan Informatika, menolak menjelaskan lebih detail mengenai komunikasi partainya dengan Presiden Yudhoyono. "Tanya ke DPP (dewan pimpinan pusat partai). Saya kan bukan lagi pengurus harian," katanya di Istana Negara, Jakarta, Senin 3 Oktober 2011. Namun ia menyatakan tak ada masalah komunikasi antara dia dan Presiden.

Semua partai koalisi, kecuali PKS, menyatakan sudah diajak bicara oleh Presiden perihal rencana reshuffle sebelum 20 Oktober mendatang. Presiden menyampaikan rencana itu di Jambi pada 22 September lalu. Partai-partai koalisi yang sudah diajak bicara adalah Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Amanat Nasional.

Menurut Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik, Daniel Sparingga, Presiden bersama Wakil Presiden Boediono masih menimbang keunggulan nama-nama yang layak menjadi menteri. "Mulai minggu ini Presiden mulai mensimulasikan nama-nama baru," ucapnya ketika dihubungi kemarin. "Satu posisi bisa memiliki lebih dari satu calon.” Daniel tak mau mengomentari sejumlah nama calon menteri yang beredar di publik.

Sejumlah nama calon menteri yang muncul di antaranya Sharif Cicip Sutardjo (Menteri Kelautan dan Perikanan), Gita Wirjawan (Menteri Badan Usaha Milik Negara), George Toisutta (Menteri Perhubungan), Budi Susilo Supandji (Menteri Pekerjaan Umum), Amir Syamsuddin (Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia), Karen Agustiawan (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral), Jumhur Hidayat (Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi), serta Emirsyah Satar (Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal).

Ketua Umum PAN Hatta Rajasa mengatakan partainya tak mengajukan nama baru menjelang reshuffle. "Semua ada di kantong Presiden,” ucap Hatta, yang juga Menteri Koordinator Perekonomian, kemarin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar